Pages

Sunday

Doa Berbuka Puasa Yang Sebenar2nya Diamalkan Oleh Rasulullah S.A.W.

Saya copy paste dari forum Carigold.com :

Salam,

Aku tergerak utk sebarkan berkaitan doa berbuka puasa yg sebenarnya ini hasil mendengar ceramah seorang ustaz pengkaji hadis dari UIA.

Adapun. Doa berbuka yg popular dan tersebar dikalangan muslim malah dibaca di TV adalah berdasarkan hadis daif:




Riwayat di atas dikeluarkan oleh Abu Daud dalam sunannya no. 2358, dari Mu’adz bin Zuhroh. Mu’adz adalah seorang tabi’in. Sehingga hadits ini mursal (di atas tabi’in terputus). Hadits mursal merupakan hadits dho’if karena sebab sanad yang terputus. Syaikh Al Albani pun berpendapat bahwasanya hadits ini dho’if. (Lihat Irwaul Gholil, 4/38)

Hadits semacam ini juga dikeluarkan oleh Ath Thobroni dari Anas bin Malik. Namun sanadnya terdapat perowi dho’if yaitu Daud bin Az Zibriqon, di adalah seorang perowi matruk (yang dituduh berdusta). Berarti dari riwayat ini juga dho’if. Syaikh Al Albani pun mengatakan riwayat ini dho’if. (Lihat Irwaul Gholil, 4/37-38)

Di antara ulama yang mendho’ifkan hadits semacam ini adalah Ibnu Qoyyim Al Jauziyah. (Lihat Zaadul Ma’ad, 2/45)

--------

Jadi, apakah Doa Berbuka Puasa sebenar yg sahih adalah sunah Nabi SAW?


Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berbuka beliau membaca do’a berikut ini,


“Dzahabadh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah
(Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insya Allah)” (HR. Abu Daud no. 2357. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)


------

Kesimpulannya, do’a “Allahumma laka shumtu ...” berasal dari hadits hadits dho’if (lemah). Sehingga cukup do’a shahih yang kami sebutkan di atas yang hendaknya jadi pegangan dalam amalan. Semoga sajian singkat ini bermanfaat.

Sebarkan kepada para muslim lain ye.... Terima kasih.

No comments: